INFORMASI PENERIMAAN KARBOL AAU


Penerimaan Karbol Akademi Angkatan Udara

UPDATED

aau

TNI ANGKATAN UDARA TERIMA TARUNA DAN TARUNI 2014

Dispenau – 1/03/2014

TNI Angkatan Udara mulai tanggal 1 Maret sampai 30 April 2014 menerima pendaftaran bagi pemuda dan pemudi Indonesia untuk menjadi Taruna dan Taruni TNI AU. Pendaftaran dilakukan melalui Pangkalan TNI Angkatan Udara yang tersebar diseluruh Indonesia.

Ketentuan persyaratan umum : warga negara Indonesia, usia 17 tahun maksimal 22 tahun, sehat jasmani rohani dan tidak mempunyai catatan kriminal dari kepolisian.

Persyaratan khusus : Pria/Wanita dan bukan anggota TNI/Polri dan PNS, SMA jurusan IPA, SKHUN : Tahun 2009, nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 6 mata pelajaran UAN dan 4 mata pelajaran UAS (pendidikan agama, PKN, sejarah dan teknik informatika) adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperbolehkan 1 mata pelajaran yang nilainya di bawah 6 dengan batas bawah 5,5.

Tahun 2010, nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 6 mata pelajaran Ujian Akhir Nasional (UAN) dan 4 mata pelajaran Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang terdiri atas Pendidikan Agama, PKN, Sejarah dan Teknik Informatika adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperbolehkan 1 mata pelajaran UAN yang nilainya dibawah 6 dengan batas bawah 5,4.

Tahun 2011 dan 2012, dengan ketentuan nilai akhir gabungan nilai UN dengan nilai UAS, nilai akhir rata-rata minimal 7,25 dan tidak ada nilai dibawah 6,00 (pada kolom nilai sekolah, nilal UN dan nilai akhir).

Lulusan SMA IPA tahun 2013 nilai akhir (Gabungan nilai ujian nasional dengan nilai ujian sekolah) rata-rata minimal 6,87 dengan catatan nilai akhir mata pelajaran Matematika tidak kurang dari 6.

Tahun 2014 akan ditentukan kemudian. SKHUN tersebut disertai dengan daftar nilai kolektif, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam masa pendidikan.

Tinggi badan minimal 165 cm untuk Pria dan 160 cm untuk Wanita, bersedia melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI, harus ada persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 tahun.

Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan, maka persyaratan administrasi lainnya: Surat persetujuan dari Kepala Jawatan yang bersangkutan, bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima menjadi Taruna-Taruni Akademi Angkatan Udara.

Pendaftaran secara online di website : www.rekrutmen-tni.ilmci.com, kemudian calon datang sendiri melaksanakan daftar ulang sesuai sub rayon atau tempat kelulusan pendidikan sekolah terakhir.

—–

 Selain itu, keterangan lain bisa dilihat disini : Rekruitmen

159 thoughts on “INFORMASI PENERIMAAN KARBOL AAU

  1. selamat siang pak,.saya wahyu dari daerah tuban jawa timur .saya berkeinginan sekali untuk bisa masuk ke AAu ini tapi untuk saat ini mungkin belum bisa.karena tinngi badan saya cuma 161.5cm.tapi saya tidak menyerah pak,mas…..karena saya ingin n\menambah tinggi badan saya untuk bisa masuk AAU yogyakarta.sekarang saya kuliah di STIESIA SURABAYA,prodi akutansi.INSYAALLAH setelah lulus kuliah saya akan daftar ke AAU yogyakarta.pak tolong balas ya…. ke alamat Email saya,bagaimana untuk merekomendasikan untuk saya bisa masuk AAU.terimakasih.saya berkeinginan sekali menjadi TNI AU.RSELAMAT UNTUK MAS YANG BISA MASUK KE AAU.

    1. temui bapak suyono, beliau dulu instruktur di Akmil Magelang. alamat beliau sekarang di jogyakarta. beliau bisa di temui di kampus STTKD yogyakarta. lihat di WWW>STTKD>com

  2. asz..
    saya mau tanya kepada TNI AU ataupun Taruna AAU.
    boleh ga’ masuk AAU umur 17 tahun 6 bulan…? Masalahnya saya masuk sekolah umur 5 tahun 6 bulan..!
    persyaratan yang lain sudah saya siapkan,tapi masih ragu bisa diterima apa tidak…?

    1. bisa aja tapi g bgus untuk ksehatan,karena sblum genap umur 18 tahun tulang rawan bengkok bila ikut latihan militer

  3. Selamat sore pak , saya mau bertanya!, saya kelahiran 24 Desember 1990 apakah saya bisa mendaftar sebagai prajurit TNI AU tahun 2008 ini?.

  4. kpd yth:
    kepala staf TNI AU
    di tempat
    ma’af pak sebelumnya kalau saya mengganggu.
    sebenarnya saya ingin sekali menjadi seorang TNI AU tapi saya berasal dari keluarga yang tidak mampu,melihat besarnya biaya yang dikeluarkan oleh teman-teman saya ketika mereka mendaftar menjadi TNI.apakah tidak ada kesempatan bagi seorang yang tidak mampu seperti saya ini untuk menjadi seorang TNI AU?dan apakah saya tidak bisa mewujudkan cita-cita saya sebagai seorang TNI AU?
    insya ALLAH besok minggu saya akan mencoba mendaftar di LANUD Surabaya.dan semoga hanya dengan kemampuan yang saya miliki serta do,a dari orang tua saya bisa menjadi berhasil menjadi seorang TNI AU yang sangat saya kagumi.

  5. pak, saya seorang mahasiswa semester 2 di salah satu prguruan tinggi swasta yogyakarta. saya belum memiliki kartu identitas jogja. apa bisa saya mendaftar di lanud adisucipto dengan menggunakan kartu identitas daerah saya,jawa timur?apa saya diharuskan daftar di lanud abdurahman saleh malang atau lanud surabaya?

  6. buat ratno…
    kalo menurut saya sih…mendingan dicoba dulu aja daptar taun sekarang, ya..iseng2 berhadiah lo, kalo masuk ya syukur, kalo ga masuk, ya jadi ada pengalaman buat persiapan tes tahun depan
    sukses ya !!!

  7. izin bertanya pak,
    hari ini 24 maret 2008 jam 09.00 WIB saya baru saja pergi le lanud ADISUCIPTO jogjakarta untuk mendaftar KARBOL AAU dan petugas jaga disana tidak mengetahui kalau sekarang ada pendaftaran karbol aau (dan saya tidak diperbolehkan bertanya lebih lanjut). yang mau saya tanyakan lokasi pendaftaran karbol aau di jogja apa sudah di pindahkan ke tempat lain?

    mohon bantuannya.

  8. buat saudara sudarsono, syarat2 daftarnya bisa dilihat di atas
    untuk lebih jelasnya, lebih baik saudara bertanya kepada lanud terdekat dengan tempat tinggal saudara.
    semoga sukses !!!

  9. assl…….

    selamat siang..
    pak saya kukuh dari smk pnb bogor,,,skrng sy kls 2 jurusan listrik,,

    pak sy mau nanya ,, bgaimana jika gigi bawah itu tdk sedikit agak rata tapi tdk ada yg bolong cma kurang rta sdikt..bgaimna soal itu pak?
    mks..

  10. selamat pagi pak…

    saya mw nny…,panjang kaki masuk AAU hrs 99cm.
    klo buat yg udah lulus kul ap bisa daftar AAU..??

    makasih…sebelum nya

  11. Pak,tmn sy telat dftar karbol kmrn. Apa tahun ini ada pndftran karbol lg gelombang 2?
    Kalau ada,kpn pak? Mohon jawabannya pak. Mksi

  12. untuk saudara Yayak, kalau sudah lulus kuliah, anda sebaiknya mendaftar sebagai Perwira PK TNI.

    untuk saudara Ami, pendaftaran karbol AAU cuma ada sekali setahun. jadi tidak ada pendaftaran gelombang 2. mohon maklum.

    semoga informasi ini sedikit membantu.

  13. 2. Umur tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun saat masuk pendidian tanggal 1 Agustus 2008.

    untuk saudara Yayak, kalau sudah lulus kuliah, anda sebaiknya mendaftar sebagai Perwira PK TNI.

    ================================================
    Buat Yayak, kalo memang umur masih memenuhi persyaratan dan berkeinginan kuat masuk AAU kenapa gak dicoba aja.

  14. #
    abdul afif, on March 8th, 2008 at 6:14 pm Said:

    kpd yth:
    kepala staf TNI AU
    di tempat
    ma’af pak sebelumnya kalau saya mengganggu.
    sebenarnya saya ingin sekali menjadi seorang TNI AU tapi saya berasal dari keluarga yang tidak mampu,melihat besarnya biaya yang dikeluarkan oleh teman-teman saya ketika mereka mendaftar menjadi TNI.apakah tidak ada kesempatan bagi seorang yang tidak mampu seperti saya ini untuk menjadi seorang TNI AU?dan apakah saya tidak bisa mewujudkan cita-cita saya sebagai seorang TNI AU?
    insya ALLAH besok minggu saya akan mencoba mendaftar di LANUD Surabaya.dan semoga hanya dengan kemampuan yang saya miliki serta do,a dari orang tua saya bisa menjadi berhasil menjadi seorang TNI AU yang sangat saya kagumi.
    =====================================================

    Buat Abdul Afif, ok saya salut dgn kamu. Yang penting semangat, jaga kesehatan, latihan fisik, bisa berenang, berdoa jgn lupa. Jangan menyerah dengan keadaan.
    Saya termasuk dari keluarga tdk mampu dan saya bisa buktikan saya bisa masuk AAU murni tanpa ada sponsor, tanpa uang suap dan saya mampu jadi penerbang helikopter. Yang penting berusaha jadi yang terbaik. Kalo kamu dalam tes selalu yang terbaik gak mungkin digusur sama yang ngasih uang suap/pake sponsor. Tuhan tidak tidur. TNI AU juga ingin personel yang direkrut betul-betul capable dan qualified bukan personel yang masuk pake uang suap/sponsor.

    Mana nih Karbol AAU kenapa yang dari Abdul Afif gak dikomentari? Masa nunggu KSAU yang jawab.

  15. syalom…

    maaf ak.,saya mau nanya..
    kalau gigi ditambal,masih memenuhi syarat masuk karbol ga pak? terimah kasih GBU

  16. siang pak….

    klo mw masuk perwira karir itu daftar nya dimana.
    oy pak katanya klo mw masuk TNI AU wajah tidak blh jerawat…??ap itu bnr pak….karena ad tmn saya mw daftar karbol….

    sebelum nya makasih…??

  17. Buat Yayak, pendaftaran perwira karier biasanya selalu dimuat di harian/surat kabar. Kamu rajin2 baca koran aja. Atau lihat di website TNI AU disitu banyak informasi tentang rekrutment TNI. Jerawat sih gak apa2 asal bukan bisulan.

  18. Zosh, gigi tambalan juga ada batasnya. Kalo tambalannya dikit,rapi gak masalah.pokoknya coba dululah. Kalo dari 32 gigi tambalan semua artinya kamu malas gosok gigi he he …

  19. Bagi yang berminat, berdaya juang tingg, bermental tangguh dan tidak profit oriented, silahkan daftarkan diri anda di lanud setempat untuk menjadi karbol AAU atau Perwira PK TNI. TNI AU sangat membutuhkan SDM seperti Anda. Dengan ihtiar dibarengi doa dan restu orang tua, cita-cita Anda pasti terkabul. Selamat bergabung di komunitas abang-abang au.

  20. DEMI CINTAKU DAN BHAKTIKU PADA TUMPAH DARAHKU INDONESIA….

    I WILL BE KARBOL OF INDONESIAN AIR FORCE ACADEMY…..

    I WILL KEEP INDONESIA WITH MY BODY AND SOUL…

    AAU….I AM COMING…

  21. assalamualaikum pak
    pak saya tahun 2009 rencana ingin mendaftar karbol.
    tapi nilai UAS saya ada nilai 5 lima pak….
    bgaiamnana pak???
    mohon dibalas…

    terima kasih

  22. Ass…

    Siang Pak…
    saya seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi, saya mengambil fakultas Psikologi dan saat ini saya semester 3. saya ingin menjadi prajurit TNI AU. saya ingin bertanya apakah kerapian gigi sangat berpengaruh pada kelulusan ujian masuk pendidikan? karena gigi saya ada beberapa yang berlubang, dan saya ingin menjadi prajurit TNI AU. tolong berikan solusinya? untuk wanita berapakah minimal tinggi badan untuk lolos seleksi? dan berapakah berat badan maximal untuk lolos seleksi?

    berapakah IPK minimal untuk lolos seleksi?
    terima kasih

  23. Ass,….
    Begini pak,adek saya insya allah lulus tahun ini,dan sedang mempersiapkan diri untuk bisa mendaftar aau,hanya saja ada satu hal yang menjadi pertimbangannya,dia berasal dari jurusan IPS,apakah diperkenankan untuk mendaftar,mohon informasinya pak.
    Terimakasih

  24. buat Ari Cahyo…
    Tinggi Badan yang disyaratkan adalah 165 cm, apabila TB saudara saat ini masih 161 cm, mungkin saudara bisa melakukan sedikit usaha yang mungkin dapat menambah berat badan, yakni dengan renang atau pull up. Saya kurang tahu penjelasan medisnya, tapi ada beberapa rekan yang menyarankan hal tersebut. Dan tak lupa, perbanyak makan makanan bergizi. Semoga membantu.

  25. pak sy tahun 2009 mao daftr karbol,, sy ingin tau untk syrat pndaftran karbol yg smk pnerbngan lulusan 2008 nilai rata2 dan batas minimal nilai UAN dan UAS brapa? tlg informasiny ke alamat email sya

  26. saya husni dari kodam I/bb
    saya mau bertanya pak, apa ada perbedaan materi tes antara catar akmil dan calon karbol aau pak?
    terutama untuk materi psikologi tes dan akademiknya pak?
    terima kasih sebelumnya

  27. Selamat Pagi pak, Mohon ijin untuk bertanya. Untuk penerimaan karbol tahun depan itu pendaftaran dimulai tanggal berapa ya Pak?? Saya masih duduk di bangku kelas III SMA. Apa saja persyaratan pendaftaran untuk menjadi karbol? Lalu tes yang akan dilaksanakan itu apa saja ya Pak? Kebetulan saya tinggal di Jogja, jadi saya akan mendaftar di Lanud Adisucipto. O iya pak ada tambahan, apakah sertifikat/penghargaan dari sekolah juga dapat dilampirkan? Seperti sertifikat penghargaan TONTI. Apakah dapat dilampirkan?? Trima kasih Pak. Dan mohon dibalas.

  28. Mohon ijin bertanya….
    untuk pendaftaran karbol 2009 bagaimana?
    kan ada pemilu….
    masih tetap ada kan….
    thanks sebelumnya…tolong dibalas y

  29. slamat sing mas,…
    saya kelas 3 dan sekolah di sma n 1 kartasura,..

    saya berharap ingin masuk karbol,..
    seperti mas,..

    dengan sluruh persyaratan diatas,,…
    saya akan terus berusaha dan berdoa

    doakan saya mas,..
    semoga sebutan mas itu bisa berganti senior

    terimakasih

    salam karbol,…

    (staek pek..!!!!!)

  30. Slmt pgi…!
    Mhn ijin..!
    Bang..sy mau brcita-cita mnjdi Karbol..
    untk itu pd bln maret 2009 nanti sy ingin mndftrkan diri sy untk mnjdi prajurit “SWA BHUANA PAKSA”…….
    Untk itu sy mhn doa restu dr abang snior AAU.
    Thank’s doanya Bang…

  31. I WILL BE ONE OF PERSONIL OF INDONESIAN AIR FORCE…

    TO PROTECT MY COUNTRY FROM EMEMY….

    BECAUSE IT I WILL TO JOIN INDONESIAN AIR FORCE ACADEMY….

    I AM READY………………………………….

  32. aku lebih memilih menjadi TRUNA AKMIL daripada KARBOL AAU

    ADHITAKARYA MAHATVAVIRYA NAGARABHAKTI

    VIVA ACADEMY MILITER NATIONAL

    TARUNA AKMIL JAYA….

    POST BY:

    adit setiawan

    jaban sendangrejo minggir sleman yogyakarta’

    420147/CATAR AKMIL/08

    08562896776

    taruna_tidar@yahoo.com

  33. Ijin bertanya…
    untuk daerah sumut dan sumbar berapa orang yang diterima?
    kapan pendaftaran karbol tahun 2009?
    saya sangat berkeinginan menjadi seorang TNI angkatan udara
    Terima kasih

  34. ass..
    hii abang-abang TNI AU yg gagah-gagah…
    saya mw tanya pndftaran KARBOL 2009 KPN YA??
    bagaimana cara mndaftarnya???
    saya berada d kota madiun….
    mksh sblmnya buat jwabanya…

  35. assalamualaikum pak
    sejak dulu saya ingin menjadi karbol aau..
    tetapi pas saya kelas 1 sma mengalami kecelakaan sehingga tulang di tangan kanan saya bengkok tetapi masih kuat untuk push up apakah saya masih memenuhi syarat???
    terimakasih pak

  36. Assalamualaikum……
    Saya mau bertanya pak, kalau pendaftaran untuk tahun 2009 syaratny apa sudah ada pak ????

    saya sekarang masih duduk di kelas 3 smu jurusan IPA, kelahiran tahun 1992 sekarang umur saya 17 tahun, tinggi badan 173 cm tapi masalahny berat badan saya masih belum ideal dengan tinggi badan tersebut….
    apakah saya bisa mendaftar untuk masuk TNI AU ???

    Terima kasih sebelumnya
    informasi yang bapak balas/berikan akan sangat bermanfaat bagi saya….

  37. Pak, saya cuma mau minta tolong supaya diberi tahu jadwal pandaftaran AAU tahun 2009, please……
    jangan lupa di balas ya…. pak. thanks

  38. assalmmualaikum,,.wr.wb,.,,

    pak saya ingin sekali masuk AAU pak.,,.,

    tp saya jurusan IPS,gimana ya pak???

    pndaftaran nya dmn pak y???

    dan kapan mulai pendaftaran nya??

    trims.,.,.

    wassalammualaikum.,.,.wr.wb,.,.,

  39. Saya ssiwa kaelas 3 sma progam IPA,umur saya baru 18 thn besok juli.Saya ingin menjadi TNI AU yang profeisional dengan ingin masuk AAU.apakah di kota saya di Semarang,ada tempat pendaftaran AAU 2009.Dan kapan pendaftaran AAU dibuka?

  40. Assalamualaikum, pak
    saya mau bertanya untuk tanggal pendaftaran tahun 2009 kapan ya pak?
    soal nilai akademik tahun 2009 apakah ada perubahan dari tahun sebelumnya? kalau ada berapa nilai minimalnya ya pak?
    Terima kasih atas informasi yang bapak berikan.

  41. maaf pak… cuma mau tanya kapan pendaftaraan karbol angkatan 2009 di buka????

    mohon keterangannya lbh lanjut….
    terima kasih

  42. Assalamualaikum Wr.Wb.

    Saya mau bertanya Pak,Pak kalau gigi bolong apakah bisa tetap daftar masuk karbol?.
    Dan misal kalau tidak bisa apa yang harus saya lakukan?
    Semoga gigi bolong bisa daftar masuk karbol.amin…
    Terima kasih.

  43. maaf da yang lupa. saya dulu pernah kecelakaan dan mempunyai bekas jahitan. apakah bekas jahitan tersebut mempengaruhi??? mohon pengarahannya

  44. untuk Albert Wenno :
    Penerimaan AAU 2009, masih tetap diadakan. Selamat berjuang !

    Untuk Rilo Adi :
    Semoga sukses ! Tetap semangat menjalani tahap2 seleksinya !

    Untuk Dian Eko :
    Syarat2 pendaftaran tetap sama, mengenai masalah TB/BB memang menjadi penilaian dalam seleksinya, tapi bukan menjadi larangan untuk mendaftar.
    Selamat berjuang !

    Untuk Yudha :
    Renang adalah salah satu materi seleksi masuk Karbol. Walaupun tidak bisa renang, saudara masih tetap bisa mendaftar jadi calon taruna AAU. Sisa waktu yang ada sebelum seleksi, bisa Saudara manfaatkan untuk sedikit berlatih renang, dan jangan lupa tetap jaga kesehatan dan kesemaptaan jasmaninya. Sukses !

    Untuk Rama :
    Pendaftaran Karbol di Jogja, bisa Saudara tanyakan ke Lanud Adi Sucipto. Selamat berjuang !

  45. From Jogja :
    Yang benar adalah melakukan tes lari selama 12 menit, yang dinilai adalah jarak yang Saudara bisa tempuh dalam waktu 12 menit itu.

    Secret Agent :
    Kesehatan gigi adalah salah satu penilaian seleksi masuk. Oleh karena itu lebih baik Saudara melaksanakan cek kesehatan gigi Saudara ke dokter gigi, sehingga jika ada gigi bolong, bisa ditambal terlebih dahulu.

  46. salam Pak,
    tahun ini saya mendaftar sbagai Karbol AAU,tapi saya susah mencari informasi pendaftaranya dari Lanud Adisutjipto.
    bagaimana agar saya bisa mendapat informasinya pak?
    Prov. blang penerimaan mulai bulan mei smpai juli, tapi ada informasi yang saya dapat dari dosen saya yang jga pjabat di AAU mngatakan penerimaan dibuka blan maret Pak.
    Terimakasih Pak.

  47. salam karbol….. sy punya sepupu co, postur cukup u mjd anggota, lulusan SMU jur IPA th 2008. q pgn dy nyoba daftar karbol, py q kdg gemes ama dy krn kyknya ga Pe de gtu bwt nyoba, mgkn takut mslh biaya kaliii…
    sy sndiri ngga tau bnyk mslh masuk jd anggota gmana, butuh biaya brapa n bgaimana. apa hampir sama dengan masuk STPDN, kalo memang iya mgkn sy bsa meyakinkan dy tentang bgaimana2 alurnya n bisa dijelasin bahwa biaya yg dikeluarin hanya untk kpentingan administrasi gitu…..trimakasih infonya. apa ada contact person yg bisa sy hub untuk sharing lbh lanjut, mengingat sy sangat jarang bsa berlama2 di dpan internet krn sy hrs ngantor snin s.d sabtu.thanks.

  48. slamat malam,
    mohon maaf pak!
    pak saya mau tanya apa benar masuk aau,semua biaya d tanggung oleh negara?
    dan untuk masuknya d tarik dana seberapa besar?
    kok ada yang bilang masuk karbol aau harus ada dana sampai puluhan juta?
    oh y saya baru kelas 3 d smk penerbangan lanud adisutjipto,untuk pendaftarannya bagai mana,kalo masih skolah??
    terimakasih.

  49. siang Pak….

    pak saya mau tanya kalau misalnya lulusan sttkd masuk perwira bisa gak?

    untuk pendaftaran masuk 2009 ini kapan yah…

    atas perhatian bapak saya mengucapkan terimakasih

  50. AAU..

    apakah berat badan itu berpengaruh banyak terhadap penilaian..???
    saya bertinggi badan 170 dan brat 73 apakah mustahil untuk masuk AAU..??

  51. untuk Tiko : untuk renang, yang dihitung adalah waktu yang dicapai untuk mencapai jarak 25meter. sedangkan lari, adalah berapa jarak capai yang mampu ditempuh dalam waktu 12 menit

    untuk Bion : berat badan memang termasuk dalam penilaian. yang dihitung adalah proporsional. jangan berkecil hati. TB 170 dan BB 73 tentu masih bisa mengikuti tes masuk AAU. Namun jika saudara ingin lebih yakin dan mantap, ada baiknya jika TB dan BB saudara proporsional,

    Sukses selalu !

  52. Assalamualaikum

    Izin brtanya!
    Misal, jika saya daftar d.lanud luar jawa . . .(misal d.NTT atau Sumatra),, apakah tes” pda uraian tsb dpt d.lakukan d.jawa. . .(msl adi sucipto),, ??
    Mohon jawabannya,
    Terima kasih.

    Wassalamualaikum.

  53. Assalamu’alaikum..
    Selamat siang..Saya Zulfa mau bertanya seputar seleksi karbol.
    Untuk setiap tahunnya AAU menerima berapa karbol?
    Apakah ada bagian tes kesemaptaan/fisik yang paling dipertimbangkan utk menjadi karbol?
    Kira-kira Berapa lama proses seleksinya masuk karbol?
    hee……mohon maaf kalu terlampau banyak.
    Mohon jawabannya n diucapkan Terimakasih..
    Wassalam.

  54. untuk Zulfa :
    Untuk jumlah karbol yang diterima tuap tahunnya, saya kurang tahu pasti, tapi biasanya berkisar antara 130 karbol
    tes kesemaptaan semuanya penting, jadi semua harus diperhatikan
    proses seleksi masuk karbol dari tes di daerah hingga pusat, biasanya sekitar 3 bulanan.
    terimakasih kembali

    Untuk Tiko :
    Lebih baik saudara menghubungi panitia penerimaan terdekat dengan daerah dimana Anda tinggal. Terimakasih.

  55. pak di tahun 2009 ini saya kelas 1 sma,yang saya mau tanyakan apa nilai asuk akmil itu tiap tahun naik,dan pada saat saya lulus apa nilainya tetap apa naik untuk jurusan ips,jika naik tolong beri tahu,krena untuk target saya,terima kasih

    1. saran saya,,, tetap maju dan daftar saja
      karena… seperti telah disampaikan di atas, tidak ada pungutan biaya, jadi tidak ada ruginya
      kedua… kita tidak akan tahu hasilnya tanpa mencoba
      daripada mundur sebelum berjuang, lebih baik maju jadi pemenang
      tetap semangat !

  56. asalamualaikum .pak saya berkeinginan masuk karbol tingi saya 174 berat 57,1 apakah saya bisa mendaftrkan tapi saya sudah say cek kan .berat saya kalau di penbimbang berat biasa 60 gimana.maaf kalau ganggu

  57. ass..
    pak, apakah rapot yg di legalisir masih di perlukan untuk mendaftar Karbol??
    atau hanya cukup membawa legalisir IJAZAH SMA??
    trus jumlah yg di terima d stiap LANUD ada brpa org??
    Terima Kasih….
    Wass….

  58. pak sy mau tnya,, klo sya mmpunyai gigi tmbalan 5 gmna? Apakah msih bisa jadi karbol? Padhl sy jg udh blg pda dokter,, tp dy malah bilang kalo ” gigi brlubang wlaupun kecil, itu jg hrus cpat2 dtmbal karna untuk mlindungi spaya tdak brlubang besar!!” tlg dberi saran2 dan kriteria gigi untuk jd karbol lwat email sja ya pak,, TERIMA KASIH

  59. ass
    pak saya niko,saya ingin mendaftar ke aau,

    saya orang solo,tapi saya masih duduk di klz 3 sma jurusan ipa??

    tinggi saya 170 cm dan berat saya 55 kg,saya masih kurang 5 kg

    saya sudah mendaftar ke akmil,pa saya masih boleh mendaftar ke aau???

    bila skck saya keteranganya untuk melamar ke taruna akmil pa bisa digunakan untuk malamar ke aau???

    dan syaratnya apa saja bila masih duduk di sma kelas 3???

    nilai rapotnya berapa minimal???pa sama dengan nilai rata2 akmil??

    tolong di balas cepat

    trimakasih…

  60. Selamat pagi pak
    pak saya menanyakan kalau masuk aau apa bisa mendaftar dengan ijasah S1 jurusan otomotif UNY. ip 3.31 , umur masih 21th tggi 177cm berat 58 kg, Kemudian bisa daftar apa pak
    trimakasih

  61. assalamualaikum,
    yth: Kepala seluruh staff yang telah membaca comment ini,

    selamat siang pak,….bang…

    saya kukuh bang, saat ini saya masih bersekolah d salah satu smk penerbangan angkasa bogor yang terletak di lanud atang sendjaya-bogor. bang, saya pingin sekali masuk karbol dari smp dulu, tapi kayaknya untuk tahun ini tidak bisa, karena umur yang belum mencukupi untuk daftar, mungkin tahun depan. insyaallah,

    saya mau nanya nih bang,.”kalo gigi bawah itu kurang rata tapi gak ada yang bolong itu gimana toleransinya saat daftar bang,, jelek sih gak hanya kurang rata sedikit aja,..”
    terus untuk danem nilainya uang lulusan th 2009 berapa? masuk karbol itu apa bener bang ad yang pake duit? emang sih semuanya itu perlu pengorbanan dari segala aspek,, tapi saya masih belum tau untuk yang satu ini,..

    alhamdulilah badan saya sehat hanya, yang saya rasa menjadi kendala adalah gigi itu saja bang!

    bang,, hanya itu saja yang dapat saya tanyakan,, doakan mudah mudahan saya dapat bergabung di putra bangsa tanah air kelak …amien,

    mohon maaf bila ada kata kata yang kurang sopan,

    nb: mohon balasannya dan kirim ke e-mail saya kalo bisa,

  62. MAU DAFTAR KARBOL DATANH DI SMK ANGKASA YOGYAKARTA TANYA KE DINAS PERSONIL DAH DEH KITA TERDAFTAR AKU DAH DAFTAR LHO BURUAN………HUBUNGU HP Q TO KETERANGAN LANJUT 085228191904

  63. saya mau tanya tentang nilai min tuk lu2san SMA 2009 coz adik saya pengen daftar jd taruna AAU…………
    truz dalam seleksi awalx itu apa saja yang haruz di persiapkan dalam pelatihan fisiknya……….
    tahun 2009 da brp kali pendaftaran……
    trima kasih harap di balaz n kalo bs sms ja lewat hp (085292848008)

    1. Pendaftaran Taruna AAU cuma ada sekali tiap tahunnya
      Dan untuk pendaftaran tahun 2009 sudah habis masanya
      Mungkin Mas Firman bisa memotivasi adiknya untuk ikut tes tahun depan
      Terima kasih, tetap semangat !

  64. Pakk.,nanya dl test KARBOL
    pke duit sogokan brp??
    maap..agak kurang sopan krn..
    d daerah sy aj mo msuk bintara POLISI
    ampe 30-40 jt an…
    Masak yg calon PERWIRA auri gak
    pke alias MURNI???
    Makasih ya pakk….

  65. pak sy mw bertanya, sy lulusan smk kesehatan dan sedang kuliah smester 2 usia 20th apakah bisa mndaftar AAU? Dan untuk pendaftaran tahun 2009 kapan dibuka?

  66. izin bertanya…

    bila saat tes,pada tes kesehatan
    ,kalau ada bekas operasi yang masih baru bisa ngga??

    terimakasih

  67. izin pak ……
    saya mau tanya knapa TNI AU tidak sepopuler TNI AD dan TNI AL ……

    saya belum melihat dan mendengar klo TNI AU itu ditakuti dan di segani di DOM pada hal prajurit nya handal … apa TNI AU jarang dapat penugasan atau jarang buat gebrakan di dunia militer ……
    biasa nya yang terdengar kesangarannya hanya kopassus , raider , tontaipur ,kostrad ,(tni ad) ….marinir , tontaifib , intai para amfibi (tni al)..

    dimana nama DENBRAVO , PASKHAS ….

    AYO BANKIT TNI AU TUNJUKKAN KEBUASAN MU SPERTI SIMBOL ELANG YG ADA DI PUNDAK MU DAN SE PERKASA MERAH PUTIH YG ADA DI DADA & DARAHMU……………….
    TUNJUKKAN PADA NAGARA LUAR KLO TNI AU PERLU DI PERHITUNGKAN DI KANCAH MILITER DUNIA

  68. ass.

    nama saya danu saya mau tau perkiraan syarat nilai karbol tahun 2011 brapa,

    soal nya saya ingin sekali masuk karol,

    dan saya sekarang masih duduk di kelas 1sma…?

    tolong di blz ya…………….?

  69. Maaf mau nanya ,syarat pendaftaran AAU itu rata2 nilai harus 6 atau semua mata pelajaran harus nilai 6 ya??
    Makasih…

    1. saya mau tanya.? syarat pendaftaran masuk karbol diwajibkan dari jurusan IPA dan adakah pertimbangan bagi jurusan IPS untuk masuk karbol…..terima kasih

  70. ass…..
    slmt siang….
    pak sya lahir tgl 27juli1992
    tinggi 180,berat 70
    sya sekolah dsmk penerbangan jogja
    apakah saya bisa masuk karbol??
    mohon petunjuknya…
    makasih

  71. bang,saya mw tnya nii,
    kl kelahiran 14 september 1991 kira-kira bisa masuk gag yaa??
    mungkin ada toleransi umur gt…
    makasii

  72. maaf, boleh nanya kan?
    sebenernya test na itu apa aja sih mas?
    sampai sekarang saya masih bingung nih apa aja yang musthi di persiapain…
    tolong jawab ya….

  73. assalamualaikum….
    kakak2 senior KARBOL,,
    saya mau tanya….
    kalau ingin masuk karbol itu kan dipersyaratannya di atas untuk STM penerbangan ya,,berarti kalau misalnya lulusan dari STM Negeri ga bis masuk donk kak?????
    saya cuma mau bantu nyarikan info saudara aja…
    makasih seblmnya..
    wassalam…

    1. @Anggriawan
      Sebenarnya tidak sulit… asalkan kita sudah persiapan untuk menghadapi seleksinya
      Pelajaran di AAU diarahkan agar nantinya para Karbol dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi medan tugasnya nanti.

  74. slmat malam pak,,,sy pemuda berumur 18th,,,
    sy berkeinginan msuk karbol AAU,,
    tp sy msh bingung persyaratannya,,,
    tnggi sy 184,berat 80…taun ni sy UAN,,dan saat ne sy blom da persiapan fisik….
    apa mata min 1,dan gigi lubang 2(sudah dicabut) msh bs msuk karbol??
    kiat2 apa spy sy bs mnjdi anggota karbol AAU.
    trimakasih pak sbelumnya,atas informasinya…

    1. syarat2 sudah saya jelaskan di atas…
      untuk bisa tidaknya masuk karbol… saya tidak bisa memutuskan.. karena saya bukan penguji
      saran saya… lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali
      kiat2 yang mungkin bisa saya sarankan : persiapkan fisik dan mental sebaik2nya…
      selamat berjuang

  75. izin bertanya,. . .
    saya siswa kls 3sma jurusan ipa,
    saya ingin mendaftarkan diri menjadi taruna AAU,
    namun saya lhir 18 oktober 1993, tdk memungkinkan unk mencapai usia 18thn pd saat mendaftar,
    mohon di beri pengarahan.
    terimakasih.

    1. tetap saja mendaftar, tidak ada salahnya… karena proses pendaftaran tidak dipungut biaya
      andaikata pun untuk tahun depan sementara Dik Danu belum diterima, setidaknya Saudara bisa ada gambaran bagaimana tes-tes yang dilalui untuk bekal di tes selanjutnya agar bisa lebih siap.
      Selamat berjuang

  76. pak untuk persyaratan ARBOL, bila ada luka bekas kecelakaan apakah masih bisa di terima..??

    mohon di jawab trmkasih…

    1. saya kurang tahu pasti, tapi menurut saya tergantung bagaimana lukanya
      kalau bekas lukanya tidak mempengaruhi aktivitas fisik, sepertinya tidak apa-apa
      contoh : kalau pernah pasang pen, pada waktu tes sebaiknya sudah saat pen dilepas karena mempengaruhi tes kesehatan

  77. selamat siang Pak
    perkenalkan nama saya Rahmad Ivanda bisa dipanggil ivan umur saya sekarang 15 tahun, saya sekarang masih duduk dikelas 3 smp
    kalau tamat smp lanjut ke SMK Penerbangan apakah kita bisa menjadi Karbol AAU ?
    dan kalau kita terpilih latihannya dimana? trima kasih

  78. sekalian mas kalo lulusan smk penerbangan jurusan pilot boleh masuk ga………. terima kasih

  79. pak,saya masih smp tapi saya punya cita2 yg kuat ntuk jadi pilot pesawat tempur. tapi saya punya maslah d bgian mta yaitu min 2,5 dan gigi ada yg lubang. kira2 gmana ya?

    1. Mungkin bisa dicoba untuk LASIK karena penerbang tempur disyaratkan memiliki daya penglihatan yang sempurna. Untuk gigi bisa dilaksanakan pengobatan tambal atau lebih baik dikonsultasikan ke dokter gigi dengan segera

    1. Sekolah Penerbang Angkatan Udara adalah salah satu kelanjutan pendidikan dari Akademi Angkatan Udara. Setelah lulus dari AAU, para karbol dilantik menjadi perwira dan akan dibagi berdasarkan korps. Sekbang AU adalah tempat mendidik para perwira AU untuk menjadi korps Penerbang.

  80. permisi… saya petrus.. saya sekarang lagi kuliah di prodi S1 Teknik lingkungan upn jogja…. apa jurusan saya berguna untuk aau??? smentara batas umur untuk lulusan SMA adalah 22thn… nah, kalo saya menunggu lulus S1, umur saya sudah mencapai sekitar 23thn lebih… apa saya msh bs diterima lulusan dr S1 teknik lingkungan ?? dgn umur 23 thn????

  81. assalamu’alaikum bang…

    izin bertanya bang..?
    bang bagaimana caranya masuk angkatan setelah tamat dari perkuliahan?
    dan apakah masuk angkatan itu setelah tanat kuliah jurusanya pendidikan agama islam,apakah bisda diterima di salah satu angkatan yangb ada di indonesia ini ?

    dan bagai mana tes nya jika kita salah satu anggota resimen mahasisiwa ?

    terimah kasih bang……..

  82. selamat malam,Saya Astriarin dri surabaya,, sebenarnya saya berminat jadi TNI,tapi behubung saya cewek & feminim saya tidak diperbolehkan oleh ayah saya,, tapi saya tetep berkeinginan untuk jadi TNI,apakah ada ksempatan bagi saya menjadi TNI AU?tinggi saya 160,berat 49KG,,perfom menarik. tolong hubungi untuk infonya, Terimakasih atas bantuannya,,

  83. selamat siang.
    izin pak,
    nama saya daut alamat ngawi
    maaf,mau tanya pak..
    tinngi saya 165,5.b.b 55
    saya sma jurusan ipa di ngawi
    saya lahir tanggal 30-oktober-1995
    apakah bisa daftar?

  84. Maaf pak saya mau tanya, nama saya Adi Kusuma tinggi 172cm BB 60kg ( Piagam beladiri banyak) tapi ayah saya (Paskhas) tidak mau mengucurkan dana sedikitpun untuk saya msk ke Karbol AAU kata ayah saya Prajurit itu butuh mental bukan uang!!. pdhal anda tau sendiri jaman sekarang era nya seperti apa.., pertanyaan saya..
    1. Bisakah kita masuk Karbol tanpa uang sepeserpun ?? (Real)

    Terima Kasih. KOMANDO!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s