Ga bisa ngenet


Kemarin, speedy sempat down… hampir 24 jam.. yang saya tahu dari saya bangun pagi sampe saya tidur jam 12 malem. Sudah jadi kebiasaan saya, tiap ngenet selalu buka beberapa surat kabar online buat mencari berita dan informasi terbaru, lalu dilanjutkan dengan buka email buat ngecek ada message penting ato ga sebelum akhirnya saya berangkat kuliah. Hari itu, ketika bangun, sholat shubuh, beresin tempat tidur lalu menghidupkan laptop, then ngebuka mozilla.. kok ga bisa buka apa2 ? Awalnya saya kira, mungkin ada gangguan bentar…. jadi tunggu sebentar deh… setengah jam-an…masih ga bisa…mulai bete…jam 9 an… blom bisa juga… sampe akhirnya ba’da dhuhur saya berangkat ke kampus… masih ga bisa. Ada apa dengan koneksinyaaaaa ????? Untungnya ga ada perubahan jadwal kuliah mendadak or perubahan ruang kuliah, coz biasanya itu diumumkan lewat milis.

Akhirnya saya pulang kuliah, tanya temen di mess… ternyata speedy lagi down, ada gangguan saluran yang ngebikin ga bisa buka web luar, tapi ada beberapa yang dalam negeri yang masi bisa dibuka. Dan sampe jam 12 malem saya masih ga bisa buka friendster, forum alumni, email, google, blog dll dkk. Dunia mendadak serasa sepi, tv pun tak mampu jadi pengganti. Ada sesuatu yang terasa hilang dalam diri saya. OMG, saya sudah kecanduan dan ketergantungan sama internet !!!! Gimana enggak? Rutinitas keseharian saya pasti tak pernah lupa untuk sejenak saja online dan surfing2 klik sana sini menjelajahi dunia maya. Begitu sehari saja hal itu hilang dari kegiatan….dampaknya sungguh terasa sekali. Apakah ini berbahaya ? Apakah ini hal yang biasa ?

Di artikel detikinet disebutkan :

Kecanduan internet juga dapat mengakibatkan seseorang menunjukkan perilaku ‘menagih’ yang disebut dengan ‘cyber shakes’. Hal itu ditunjukkan dengan keresahan yang berlebihan dikala offline dan melakukan gerakan jemari yang terlihat seperti mengetik keyboard, walaupun saat tidak didepan komputer.

Selain itu, kecanduan internet juga dianggap tidak baik bagi kehidupan sosial seseorang. Pasalnya, kecanduan Internet dapat menurunkan aktifitas sehari-hari dan menyebabkan seseorang jauh dari interaksi sosial didunia luar.

Ternyata kecanduan internet menimbulkan efek yang sangat berbahaya bagi diri dan lingkungan !!! Bahkan mungkin bisa mengakibatkan gangguan kejiwaan…. OMG, semoga saya belum terlalu kecanduan seperti ini.

Buat kita semua, termasuk saya…. ini ada beberapa Gejala Kecanduan Internet yang saya kutio dari CyberMQ.com

Gejala Kecanduan

Kecanduan internet disebut sebagai Internet Addiction Disorder (IAD). Beberapa tanda – tanda umum kecanduan internet di sebutkan oleh Stephen Juan, Ph.D. seorang antropolog di University of Sydney antara lain :

1. Selalu ingin menghabiskan lebih banyak waktu di internet sehingga akan menguras waktu efektif yang ada.

2. Jika tidak menggunakan internet, muncul gejala-gejala penarikan diri seperti kecemasan, gelisah, mudah tersinggung, bergetar, menggigil, gerakan mengetik tanpa sadar, obsesif, hingga berkhayal atau bermimpi mengenai Internet.

3. Jika terhubung dengan internet, gejala-gejala penarikan diri tersebut akan hilang ataupun berkurang.

4. Mengakses internet lebih lama dari yang di niatkan.

5. Cukup banyak porsi kegiatan yang digunakan untuk aktivitas terkait internet, termasuk e-mail, browsing, dan chatting.

6. Mengurangi kegiatan penting, baik dalam pekerjaan, sosial atau rekreasi, demi menggunakan internet.

7. Hubungan sosial, pekerjaan, atau pendidikan terancam terganggu karena penggunaan internet yang berlebihan.

8. Internet digunakan untuk melarikan diri dari perasaan bersalah, tak berdaya, kecemasan, atau depresi.

9. Menyembunyikan penggunaan internet dari keluarga atau teman.

 

So… buat kita semua….apa kita sudah termasuk orang2 yang kecanduan internet ?? Lebih baik kita segera mengontrol diri sebelum terlambat.

Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Ga bisa ngenet

  1. hayo mas..mas bukan sekedar kena gejala..tp udah terjebur ke I-NetMonia..hayo…susssahhhh lo penyembuhan na..n lom ada pusat rehabilitasi untuk oyang oyang yang terkena sindrom ini di dunia…Om Bill gates aj lom kepikiran akan gejala ini..dia malah mikirin gmn cara na manusia bs terbang tanpa alat..hi..hi..

Leave a Reply

