Pelajaran dari para perokok


Saya bukan seorang perokok,

dan saya tidak suka merokok,

tapi saya sering melihat orang merokok….

di jalan, di warung, di kendaraan umum ataupun di tempat lainnya

Di luar soal merokok itu tidak baik buat kesehatan dan asap rokoknya yang sangat mengganggu pernafasan, ada beberapa pelajaran yang saya bisa saya ambil dari para perokok. Mau tahu ?

Beberapa kali berada di sekitar orang2 yang merokok, sering saya lihat bahwasanya para perokok itu sungguh dermawan. Why? Pernah saya lihat, ada orang yang sedang duduk2 di warung, bersantai sejenak setelah makan siang. Beberapa saat kemudian ia mengeluarkan sebungkus rokok dari kantong bajunya. Dan…. sebelum ia mulai merokok, terlebih dahulu ia menawarkan rokok kepada beberapa orang di sekitarnya. Sungguh suatu perbuatan yang dermawan, menawarkan tanpa diminta. Belum tentu hal serupa bisa terjadi pada kita, termasuk saya, saat seorang pengemis yang kelaparan meminta sedikit uang kepada kita untuk digunakannya membeli makan.

Contoh lainnya, dan yang paling sering saya temui. Apabila ada seorang perokok yang akan menyalakan rokoknya, dan ternyata ia sedang tidak membawa korek, saat ia meminjam (atau tepatnya meminta) api atau korek kepada orang yang sedang merokok di dekatnya, tanpa keberatan perokok lain itu memberi koreknya atau bahkan meminjamkan rokoknya yang sudah menyala kepada orang tersebut. Hebat bukan. Mengapa? Sebab belum tentu hal yang sama bisa terjadi dalam kesempatan lain.

Belum lagi ternyata beberapa dari para perokok masih memiliki toleransi yang tinggi, mereka selalu permisi atau minta izin terlebih dahulu kepada orang2 di sekitarnya saat mereka akan merokok.

Itulah beberapa pelajaran yang saya dapatkan dari para perokok. Namun….sekali lagi….sebisa mungkin janganlah merokok. Sayangi kesehatan anda !!!

5 thoughts on “Pelajaran dari para perokok

  1. ha3…tulisanlu kayak setetes air di padang pasir…hhhaaaallllaaaahh…maksutnya..ada juga tulisan positip tentang perokok…biasanya kan, dicaci maki tuh…btw, kalo ngomongin soal rokok, ada perbedaan pandangan karena gender ya…ngeliat cowok ngerokok itu biasa…ngeliat cewek ngerokok,org langsung memicingkan mata…padahal menurut gw siy, ngerokok itu adalah kebiasaan…dan sayangnya kebiasaan yg buruk…apalagi resiko kesehatan yang ditanggung perempuan perokok lebih berat dari pria perokok walaupun sama2 bisa memperpendek umur siy…tapi pandangan yang udah kadung lekat dimasyarakat adalah cewek ngerokok=cewek nakal…padahal pecun belum tentu ngerokok dan cewek ngerokok belum tentu pecun…. : )) salam kenal…

  2. berhubung temen2 saya adalah perokok yang g kenal toleransi, saya jadi benci rokok!!
    Apalagi saya punya sesak napas, dimana klo udah kena asap itu jadi g enak banget. Didukung ayah yg ngga ngerokok, lengkaplah sudah kebencian terhadap rokok.
    Ya tapi kan kembali lagi, semua itu pilihan, dan memilih adalah hak.
    Pokoknya aku ngga suka rokok..

  3. yup, betul..3x….
    mencari sosok dermawan di jaman kayak gini emang susah, jangankan ngasih orang, buat makan aja rebutan… (apa hubungannya nya…?)
    tapi emang hebat tuh jiwa sosial perokok…
    ada rasa ingin berbagi dengan orang lain…

    ATAU justru ingin berbagi penyait ma orang lain…!!!
    seandainya saja yang ditawarin ke orang lain itu makanan, minuman, pakaian atau…mungkin pekerjaan… alangkah indahnya dunia… he…he…he… dont thingking about… this just joke…

  4. gw perokok, and suka bagi rokok baru klo diminta. klo temen gw yg ga ngerokok mo iseng2 nyoba pke rokok gw, pasti ama gw udah gw pelototin duluan, tanda ga boleh. it is, smoking is a bad habit and i won’t let my friends who not smoking to try on it.(halah, pelit aja kli lo, hehehehe).

Leave a Reply

