Review [Film] : Jagad X Code


Tadi sore ada temen maen ke tempat saya, blio bernama Okie Hartanto, pria, 25 thn, status : … , loh kok jadi biro jodoh, hehe… Jadi bapak Okie ini baru datang dari pulau seberang jauh… dari suatu daerah bernama Buraen. Karna lama tidak bersua, akhirnya kita (saya ama Febrian) memutuskan jalan2 bareng. Singkat cerita, kita mutusin buat nonton di BIP, di Empire 21nya. Film yang akan ditonton adalah : Jagad X Code, soalnya di antara film2 laennya yang diputar (kebanyakan film horror, yakni Kuntilanak dan sejawatnya), berdasarkan dari temen2 yang uda nonton film garapan sutradara Herwin Novianto ini lumayan menghibur n asik buat ditonton.

Jadi, inilah sekilas lintas tentang film Jagad X CodeFilm yang awalnya hendak dinamai Outsiders ini berkisah tentang 3 sejoli pria muda Ngayogyakarta, tepatnya yang tinggal di daerah bernama Kali Code ( jadi ngeh kan kenapa nama filmnya ada X Code, X dibaca Kali), mereka adalah Jagad (Ringgo), Bayu (Mario) n Gareng (Opi). 3 manusia ini masing2 punya mimpi sendiri2, Jagad pengen beliin ibunya (Ully Artha) mesin cuci, Bayu pengen punya lapak jualan buku dan majalah, dan Gareng bermimpi bisa ngediriin salon kecil buat Menik adiknya. Namun mereka terbentur sama masalah yang sama, yakni kantong cekak. Ndilalah, bertemulah mereka ama preman antik, yakni Semsar (Tio Pakusadewo), yang ngasi mereka orderan wat ngejambret tas seorang wanita (Febby Febiola), n ngedapetin flash disk yang ada di tasnya, dengan bayaran 30 yuta. Demi 8 digit angka tersebut, order pun diterima. Namun masalahnya, mereka bertiga ga ngerti apa itu flashdisk. Singkat cerita, tas berhasil dijambret di pasar dan karna ke-gaptek-annya, flash disk yang mereka akhirnya simpulkan adalah parfum bermerk Ladies (flashdisk = ladies, agak mirip sih kalo diplesetin, hehe). Nah, saat mo ngasih Ladies ini mereka gantian dicopet ama cewe yang sebenernya tajir (Tika Putri), tapi suka ngambilin barang2 yang menurut dia menarik, padahal sebenarnya dia mampu beli.

Dan cerita pun mulai mengalir…… Ga asik dong kalo diceritain smuanya disini, ntar malah ga pada mau nonton lagi, hehe…

Film ini menurut saya lumayan asik buat ditonton, cukup menghibur, idenya simpel namun cukup mengena. Kalo saya pribadi sih beranggapan ni film bermaksud mengangkat kehidupan masyarakat Kali Code, yang mewakili daerah Yogyakarta, dimana penduduknya ramah2, dengan beraneka tipe dan karakter masing2. Jagad X Code tidak terjebak dengan film2 komedi saat ini yang banyak mengumbar seks semata, namun cukup banyak memuat pesan moral di dalamnya, walaupun sebenarnya sudah umum. Semisal saja, kita harus tetap mengutamakan kejujuran dan kebenaran, apapun kondisinya. Lalu.. kita harus taat pada orang tua, setia kawan, saling mengingatkan dan tolong menolong, dan masih ada lagi yang lainnya.

Oh ya, film ini cukup tumpah ruah diisi oleh aktor dan aktris Indonesia, sebut saja Febby Febiola, Butet Kertaredjasa, Djaduk, Didik Nini Thowok, Yatie Pesek dll.

So… buat yang cari hiburan di bioskop, keknya film ini cukup recommended buat ditonton.

Score : *** of 5

One thought on “Review [Film] : Jagad X Code

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s