Jangan Berharap Dihargai Orang Lain


Maksudnyaa ????

Mungkin demikian yang terpikir di saat saudara-saudara yang terhormat baca judul posting kali ini. Yaps… saya ga salah tulis… Judulnya “Jangan Berharap Dihargai Orang Lain”. Ini adalah satu poin yang mak jleb…. menusuk saya pas tadi dapet ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW. Ceritanya… pas ceramah tadi Ustadz yang ngasih ceramah ngasih cerita dan contoh contoh ketauladanan dari Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Dari sekian banyak yang sifat dan kebiasaan Rasulullah, ada satu yang sangat mengena di hati saya… seperti judul di atas. Nabi Muhammad SAW selalu berusaha menghargai setiap orang, tanpa mempedulikan siapapun itu, latar berlakangnya apa, agamanya apa, bahkan bagaimana dia bersikap kepada Nabi… So Amazing…

Dapatkah kita berbuat layaknya Beliau ?? Sulit…. saya yakin, khususnya buat diri saya sendiri

Sadar atau tidak, kita selalu memiliki keinginan untuk dianggap lebih… Dalam kelompok diskusi, kita … well okelah sebut saja saya, pasti ingin dianggap lebih bijak, lebih tajam pendapatnya. Di jalan, kalau bisa nyalip sana, senggol sana senggol sini (sepanjang mobil nggak mberet :p) pasti dilakoni… Tapi pernahkah kita mencoba tuk lebih menurunkan tinggi hati, keegoisan kita ?

Hargailah Orang Lain, tapi Jangan Berharap Dihargai Orang Lain…. Dengan demikian kita akan memberi dengan ikhlas, tanpa mengharapkan balas. Kita akan mengerjakan segalanya dengan senang hati, tanpa berpikir balasan apa yang akan kita terima. Biarlah Allah SWT yang membalas….

Kebetulan lagi, barusan saya baca blog salah satu guru saya, Bpk. Armein ZRL… Dalam postingan terbaru beliau, berjudul “Big Person”… isinya sangat mirip dengan hikmah yang saya dapat hari ini…  petikannya sebagai berikut :

“…. besar kecil nya seseorang terlihat saat mengalami perlakuan “merendahkan” dari orang lain. Kalau kita panik, dan bereaksi keras untuk mempertahankan “kebesaran” kita, maka kita sebenarnya orang “kecil”. Tapi orang besar yang sebenarnya itu tetap bereaksi sopan dan anggun saat disepelekan orang lain…..”

Semoga bermanfaat,,,,

2 thoughts on “Jangan Berharap Dihargai Orang Lain

Leave a Reply

