Proses


 

Semua itu harus melalui proses… biar kerasa hasilnya… Kalo maunya cepet2 aja, instan2 aja… walo mungkin sekarang kerasa enak, tapi ujung-ujungnya pasti ada dampak yang bakal kita hadapi. Contoh gampangnya aja, makan mie instan. Pas lagi bosen, sendirian, laper… mie instan bakal jadi ganjel perut yang menyenangkan. Gampang dibuat, n bikin kenyang. Tapi, kebanyakan mi instan sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan, walaupun di bungkus mie nya dicantumkan memiliki kandungan yang menyehatkan.

Begitu juga dengan proses kehidupan, banyak sekali tahap-tahap dalam hidup yang harus kita jalani. Dan semuanya itu butuh proses. Kita ingin dewasa, harus ada proses dari bayi – kanak kanak – remaja – dewasa. Tidak mungkin dari bayi kita tahu-tahu loncat tahap menjadi dewasa. Semua proses itu akan memberikan kita pengetahuan dan pengalaman yang sangat berguna di tahap selanjutnya. Jatuh, Gagal, Kalah itu biasa… Tapi harus diikuti dengan optimisme untuk meraih kesuksesan di kemudian hari. Kalau sekali jatuh, dan kemudian tidak ada keinginan untuk bangun dan menata diri kembali, kita hanya dapat mendongak ke atas dan melihat orang orang yang berhasil bangun dan mencapai kesuksesan. Kalau sekali kalah, dan tidak pernah mengikuti persaingan atau kompetisi, kita tidak akan pernah mencicipi nikmatnya kemenangan. Dan sesungguhnya kemenangan itu akan terasa sangat nikmat jika kita pernah merasakan artinya kekalahan. Kita akan lebih menghargai arti kemenangan itu dan berusaha agar tidak kalah lagi.

Proses itu butuh waktu, jangan berharap dalam satu menit hidup kita akan berubah dari miskin menjadi kaya. Jika kita bersabar dan tekun dalam berusaha dan gigih dalam berjuang, niscaya proses itu tidak akan terasa lama. Karena sepanjang perjalanan proses itu banyak ilmu dan pengalaman yang akan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita.

Semoga bermanfaat

4 thoughts on “Proses

  1. iya bang. karena berpikir bahwa segala hal itu bisa instan, itu yg kebanyakan ada di sekitar kita. wkwkwk.. kebanyakan nonton doraemon ma ninja hattori kali ya?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s