Review : The Conjuring


Nonton Film Horror, buat saya sih sebenernya cuma buat sekedar asik-asikan, gaya-gayaan, siapa yang tahan ga nutup mata selama nonton (ngeceknya pas habis nonton, apal semua ga adegan2 di film) atau… siapa yang tahan ga teriak di sepanjang film. Bukan sok atau kenapa… cuma selama ini film horror baik Indonesia maupun luar negeri rata-rata ya cuma sekedar ngaget-ngagetin aja.. seremnya ga dapet. Hampir sebagian besar dari film horror yang saya tonton selama ini, sukses saya lewati dengan aman. Tapi ada juga beberapa yang bikin saya merinding, kaget n kebayang2 adegan2nya. Beberapa di antaranya : Paranormal Activity 3, Pocong 2, Tusuk Jelangkung. Selebihnya…. gitu2 aja… (sombong). Nah, sepertinya sekarang saya harus nambah satu judul film lagi yang masuk kategori : “Bikin Serem”, yaitu The Conjuring.

Film ini saya tonton bareng sodara saya @rizzatamma n kakak ipar @dglassesman di malam menjelang lebaran kemarin. (soalnya istri tercinta @ifa_oke sama kakak saya @nengbiker ndak mau nonton… sebenernya sih ga berani). Kebetulan kumpul, kebetulan sama-sama belum nonton, jadilah setelah melaksanakan sholat tarweh di Masjid Jami’ Malang, kami langsung pergi ke Malang Plasa, buat nonton ni film di Mandala 21. Tempat dimana saya nonton bioskop untuk pertama kalinya bersama keluarga, filmnya Baby’s Day Out waktu itu🙂 . (jadi mellow…. *ambil tissue).

Back to the film, kalo kasih rating, saya kasih 8 dari 10. Dari awal film, kita yang nonton dah mulai terasa aura horrornya, sewaktu wawancara Ed sama Lorraine Warren ke pemilik boneka Annabelle  yang meneror dan mengganggu mereka. Film ini awalnya seakan jalan sendiri-sendiri, bagian pertama menerangkan bagaimana profesi Ed n Lorraine Warren sebagai paranormal investigator dan kedua tentang keluarga Perron yang baru pindah ke rumah yang baru, yakni rumah dimana semua kejadian horror dan misterius bermula. Berawal dari anjing keluarga Perron, Sadie , yang ga mau masuk ke rumah n besoknya ditemukan mati oleh April, ditemukannya gudang tersembunyi di bawah tanah, permainan “hide and clap” yang semulai dimainkan anak2 Perron lalu di pagi harinya dimainkan oleh Carolyn Perron dan April (harusnya…. tapi ternyata ada hantu yg ikut main) dan makin memuncak hingga suatu malam Carolyn terjebak di gudang bawah tanah sementara Andrea dan Cindy diganggu oleh dedengkot hantu sebenarnya, Bathsheba. Barulah The Warren dan The Perron bertemu. Lorraine Warren (diperankan Vera Farmiga) , yg memiliki bakat cenayang, langsung merasakan kehadiran sosok asing di rumah Perron sejak awal masuk rumah. Sementara Ed Warren ( Patrick Wilson) menilai dari sisi demonologist nya. Film lalu berlanjut dari gangguan-gangguan yang terus datang dan makin parah sehingga memaksa Ed melakukan exorcism.

Based on true story, mungkin ini hal utama yang membuat kita yang nonton merasa itu tingkat kehororannya makin tinggi, karena merasa itu bisa aja kejadian di kehidupan kita sendiri (amit2….jangan sampe). Namun selain itu, bagaimana James Wan sang sutradara meramu jalannya cerita memang patut diacungi jempol. Nuansa horror ditata dari awal sampai puncaknya, dan berakhir dengan cukup baik, dengan cara yang nggak seakan dipaksain. Jalannya exorcism itu sendiri juga cukup menegangkan. Pokoknya total horror….

Satu hal yang bikin menarik habis nonton film ini, adalah sosok Bathsheba, si dukun yang menghantui rumah keluarga Perron. Di film, sosoknya bener2 bikin serem, terutama pas lompat dari lemari n ngejatuhin Andrea. Bikin penasaran, ternyata pemeran Bathsheba adalah Josep Bishara, yang notabene pekerjaan utamanya composer bukan aktor. Ga nyambung ya…. *abaikan.

Buat yang belom nonton film ini, saya sarankan nontonnya malem, kalo bisa midnite, sense horrornya lebih terasa,,, Soalnya saya udah nonton siang-siang sama istri tercinta @ifa_oke (akhirnya mau setelah dipaksa2 sama adik @riepkie :p ) ternyata horrornya ga terlalu nggigit… hehehe….

Jadi…. Selamat ber… clap-clap

2 thoughts on “Review : The Conjuring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s