Mendadak Rajin Naik Kereta


TMT 6 Februari 2017, akhirnya saya kembali menjejakkan kaki di pulau Jawa…. Huahaha…. Mohon maklum, merantau di pulau seberang membuat pulang kampung (baca : pulang pulau :p) menjadi terasa begitu bermakna.

Kali ini, untuk sementara waktu saya bakal berdomisili di salah satu kota besar di Jawa Timur, yang terkenal akan Tugu Pahlawannya. Alhamdulillah, jadi lumayan dekat dengan rumah keluarga di Malang, Solo, Jogja, Semarang, Demak dan Jakarta. Dimana semua kota kota tersebut  dapat dengan mudah terhubung melalui satu moda transportasi darat bernama kereta. Sebenernya bis juga bisa sih, cuma setelah melewati beberapa kali uji coba, saya prefer menggunakan kereta, karena ternyata sekarang Kereta Api kita sudah lebih tepat waktu dan nyaman… (tepuk tangan utk PT. KAI).

Kereta kelas ekonomi yang dulunya tumplek bek bertumpuk tumpuk semua orang bisa masuk berjajar kek pindang, sekarang sudah duduk per nomer kursi, ada ACnya, dan bersih pulak. Kursinya berjejer dengan formasi 2-3 hadap hadapan, dengkul ketemu dengkul (kalo ini tetep dari dulu sih). Merasa kurang nyaman dengan ekonomi ? Ada pilihan kereta kelas bisnis yang juga sekarang nggak ada lagi yg bisa masuk tanpa hak kursi. Pengen lebih nyaman lagi ? Ada kelas Eksekutif yang udah hampir mirip banget sama naik pesawat, bahkan kursinya lebih nyaman karena ruang kakinya lebih lega, ACnya terasa lebih dingin (pake banget).

Tapi terutama, dibandingkan dengan bis, perjalanan menggunakan kereta api lebih bisa diperhitungkan waktunya, karena terhindar dari resiko macet karena kepadatan kendaraan di jalanan ataupun karena adanya perbaikan jalan. Ini kemarin sudah saya buktikan, perjalanan surabaya – solo dengan menggunakan kereta api hanya berkisar kurang lebih 6 jam, namun sebaliknya solo – surabaya menggunakan bis, perjalanannya memakan waktu kurang lebih 10 jam. Dimana 2 jam terakhir itu saya tersiksa menahan hasrat pengen buang air kecil :(. Kalau di kereta api kan ada kamar mandinya….

Sebulan belakangan ini saya sudah naik kereta api rute Surabaya – Jakarta, Surabaya – Solo, Surabaya – Jogja, Surabaya – Semarang, Surabaya – Malang, Jogja – Malang. Masih ada 3 bulan lagi masa masa di Pulau Jawa, dan sepertinya masih banyak kesempatan menggunakan kereta api. Rasa-rasanya saya bakal menjadi salah satu railfans…..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s